Category Archives: S

Arti kata “Stan”

Sekitar 3 bulan lalu, Merriam-Webster mengumumkan telah menambahkan kata stan pada kamus mereka. Stan yang dibahas kali ini bukanlah institusi yang itu (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara), melainkan istilah Bahasa Inggris yang awalnya dipopulerkan oleh Eminem dalam rilisan serial LP/vinyl-nya (The Marshall Mathers LP).

Definisinya dalam Bahasa Inggris berarti “an extremely or excessively enthusiastic and devoted fan”. Penggemar berat.

Familier dengan slang seperti stan twt atau stan language yang sering digunakan di media sosial, terutama Twitter? Sekarang sudah paham kan ya sedikit-sedikit?

This entry was posted on by .

Apa itu Skimming?

Skimming merupakan suatu tindakan pencurian informasi kartu kredit atau kartu debit. Teknik skimming dalam tindakan pencurian dilakukan dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada bagian strip magnetic kartu kredit atau debit secara illegal.

Pelaku kejahatan perbankan yang menggunakan modus kejahatan dengan teknik skimming diantaranya adalah dengan memasang wifi pocket router disertai dengan kamera yang telah dimodifikasi sampai menyerupai penutup PIN di mesin – mesin ATM untuk mencuri PIN dari nasabah.

Dengan alat tersebut, pelaku kemudian melakukan duplikasi data magnetic stripe pada kartu ATM kemudian melakukan kloning pada suatu kartu ATM kosong. Salah satu tindakan yang kemudian dilakukan pihak perbankan untuk memberikan kenyamanan kepada nasabah adalah dengan mengganti ATM dengan ATM berchip.

This entry was posted on by .

Arti dari “Surel”

Surel merupakan kependekan dari surat elektronik. Surel memiliki fungsi sepadan dengan kotak surat secara konvensional pada umumnya. Bedanya adalah terletak pada bentuknya.

Kotak surat konvensional digunakan untuk menerima surat dalam bentuk fisik. Sementara surel digunakan untuk menerima surat dalam bentuk elektronik. Suatu surel diidentifikasikan dengan alamat surel.

Bagaimana pun juga tidak semua alamat surel cocok dengan fasilitas penyimpanan dimana masa pseudo maibox terkadang digunakan untuk mengacu pada suatu alamat yang tidak cocok dengan pasti menyimpan surel.

Meneruskan surel dapat dilakukan secara terus menerus sampai dengan si penerima paling akhir dengan alamat yang sama. Sebagai contohnya adalah mailing list elektronik.

Sebutan lain: email

This entry was posted on by .